Apr 8, 2017

Lima Hal yang Tidak Boleh Kamu Abaikan Untuk Sukses

Lima Hal yang Tidak Boleh Kamu Abaikan Untuk Sukses - Sukses sudah pasti menjadi tujuan utama kita dalam hidup ini, dan saya yakin bahwa setiap orang memiliki target kesuksesannya masing-masing. Mungkin ada beberapa diantara kita yang mengukur sebuah kata sukses dengan kesejahteraan hidup, ada pula yang mengukurnya dari sisi perjalanan berumah tangga, pun ada yang mengukurnya dari sisi kerohanian.

Lima Hal yang Tidak Boleh Kamu Abaikan Untuk Sukses
Lima Hal yang Tidak Boleh Kamu Abaikan Untuk Sukses

Nah, tentu saja, meski berbeda-beda tolok ukur sukses yang kita miliki, ada hal-hal yang tidak boleh kita lupakan untuk meraih kesuksesan tersebut. Huffington Post merangkum hal-hal tersebut menjadi tiga puluh bagian yang harus dilakukan untuk mencapai kata sukses dalam kehidupan. Menurut saya sendiri, dari ketiga puluh hal itu, hanya beberapa yang mewakili usaha saya meraih sukses. Lima Hal yang Tidak Boleh Kamu Abaikan Untuk Sukses, versi saya.

Menyegerakan Tindakan dan Mengurangi Kekhawatiran
Berpikir logis dan memiliki strategi untuk meraih sukses adalah hal yang baik karena usaha kita jadi memiliki alur dan target yang jelas, tetapi terlalu banyak berpikir akan menimbulkan lebih banyak kekhawatiran yang dapat berujung dengan perasaan ragu-ragu untuk bertindak, apalagi kalau sampai berpikir tentang kegagalan yang akan ditemui ditengah jalan. Akhirnya, terlalu banyak berpikir dan khawatir akan lebih banyak membuang waktu dan memperlambat produktivitas kita untuk meraih kesuksesan.

Jadi Diri Sendiri
Apapun kesuksesan yang kita tuju, akan jadi lebih menyenangkan jika bisa tetap menjadi diri sendiri dalam proses mewujudkannya. Tidak ada tekanan yang memang tidak diperlukan, dan tentu saja akan membuat kita jadi lebih bersemangat dan bahagia karena kita bisa mengekspresikan sebenar-benarnya diri kita sendiri tanpa dibebani rasa khawatir atas tanggapan orang lain.

Terus Belajar dan Mempelajari Hal baru
Belajar tidak hanya bisa dilakukan dengan banyak membaca buku--meskipun itu adalah hal paling umum dilakukan. Belajar juga bisa kita lakukan dengan cara yang lebih santai, misalnya dengan memerhatikan orang-orang di sekitar kita yang memiliki lebih banyak pengalaman, atau dengan cara sering mendengarkan diskusi-diskusi ringan orang lain yang kita anggap lebih tahu banyak hal, atau bisa juga dilakukan dengan memerhatikan kejadian-kejadian yang terjadi di sekitar kita. Sehingga kita, sadar atau tidak, akan mendapatkan hal baru yang bisa kita gunakan sebagai alat pencapai kesuksesan.

Berpikir dan Bertindak Secara Sederhana
Saya setuju sekali dengan quote yang dikutip dari Albert Einstein, "If you can not explain it simply, you do not understand it well enough." Hal ini sering saya alami ketika mengajar di kelas dan menyampaikan materi. Saya menyadari bahwa jika saya meyampaikan materi kemudian murid-murid saya tidak dapat memahaminya dengan baik, maka hal ini tentu saja membuat saya tertantang untuk dapat menyampaikannya dengan cara yang lebih simpel. 

Nah, pada saat itulah saya akan mengetahui apakah saya benar-benar paham dengan materi yang saya ajarkan hingga cukup mampu untuk bisa menyampaikannya dengan cara yang lebih mudah diterima oleh murid-murid. Karena saat kita mampu berpikir dan bertindak dengan sederhana, maka semua hal akan jadi terasa lebih mudah untuk kita lakukan. Termasuk dalam menghadapi apapun yang datang dalam proses menuju sukses.

Keyakinan yang Kuat
Sebagai seorang yang memiliki acuan hidup agama, tentu segala sesuatu di dalam hidup adalah apa yang sudah menjadi suratan kehidupan yang telah dirancang dengan sangat indah oleh Allah swt., maka, saya yakin bahwa apapun yang akan terjadi di dalam proses menuju kesuksesan adalah ketetapan Allah swt., saya hanya dapat berusaha, berusaha, dan terus berusaha yang terbaik yang bisa saya lakukan. Dan saya percaya bahwa, keyakinan adalah hal terpenting dalam setiap pergerakan keputusan Allah swt. atas hamba-Nya. Allah sebagaimana prasangka hamba-Nya.

Lima hal yang tidak boleh kamu abaikan untuk sukses di atas adalah apa yang bisa saya pikirkan dan lakukan dalam usaha mencapai kesuksesan hidup, yang saat ini sedang saya usahakan pula. Semoga, paling tidak, mengilhami yang membaca untuk bisa menentukan hal penting apa di dalam hidup yang bisa dilakukan untuk mencapai kesuksesannya. Semangat untuk hidup lebih baik! 😎

4 comments

Yang pertama dan ketiga tuh sering melanda, Mbak. Kekhawatiran berlebih apakah akan sukses atau enggak, jadi bikin langkah goyah. Padahal harus yakin ya. Kesediaan untuk belajar kadang sudah disasari, tapi rasa malas atau enggan nambah ilmu sering jadi kendala. Makasih ya udah diingatkan.

Sama-sama ya Mba Belalang... terima kasih sudah jalan-jalan dimari :) Stay focus on succes 8-)

Menyegerakan tindakan itu kadang susah. Kalau belum kepepet seolah belum merasa perlu merintis atau memulai sesuatu.

=D=D betul banget sih Mba, tapi kita sama-sama belajar yuk Mba x-)

Hayo, mau komen apa coba?

Link aktif akan langsung ditandai sebagai spam, sebagai alternatif bisa pilih comment as menggunakan Nama/URL ya :)
EmoticonEmoticon