Sep 24, 2017

Rayakan Milad Pertama, Tapis Blogger Adakan Pelatihan Foto di Wira Garden

Rayakan Milad Pertama, Tapis Blogger Adakan Pelatihan Foto di Wira Garden - Setahun berlalu sejak saya bergabung dengan komunitas Tapis Blogger. Komunitas yang memberikan banyak sekali kesempatan kepada saya untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang bahkan tidak pernah saya bayangkan sebelumnya untuk saya ikuti. Satu tahun itu pula, saya memiliki teman-teman dan guru-guru baru yang saling menginspirasi.

Rayakan Milad Pertama, Tapis Blogger Adakan Pelatihan Foto di Wira Garden - aidabasita.com

Pada kesempatan milad ke satu Tapis Blogger, saya berkesempatan mengikuti pelatihan fotografi. Pelatihan fotografi yang saya ikuti diisi dengan materi-materi dasar dalam fotografi yang disampaikan oleh narasumber, seorang fotografi senior, Yopie Pangkey. Kegiatan ini dilaksanakan pada 9 September lalu di Taman Wira Garden Bandarlampung.

Yopie Pangkey mulai terjun di dunia fotografi sejak tahun 1991. Sejak saat itu, beliau sudah berkeliling Lampung untuk mengabadikan keindahan alam dan wisata di Provinsi Lampung. Sampai saat ini, beliau masih aktif mengelilingi tempat-tempat wisata yang ada di Lampung dan menuliskannya di blog kelilinglampung.net. Di bawah ini, saya tuliskan beberapa istilah dan teknik dasar yang diberikan untuk mulai mengenal fotografi.

Hukum Sepertiga atau Rule of Third 
Dalam fotografi dikenal Hukum Sepertiga atau yang juga dinamakan Rule of Third. Pada teknik ini, objek yang akan kita foto diletakan di sepertiga bagian bidang foto. Pengetahuan dasar pertama ini dapat digunakan untuk memudahkan para pemula yang ingin menghasilkan foto yang bagus. "Pada dasarnya, semua foto itu bagus, kembali ke selera (masing-masing orang)" kata Yopie Pangkey, "tapi dengan mengikuti rule of third ini, adalah cara paling mudah untuk menghasilkan foto yang terlihat bagus."

Pencahayaan
Ada banyak sekali jenis pencahayaan di dalam fotografi. Pencahayaan ini sangat membantu untuk mendapatkan foto yang dramatis. Pencahayaan terbaik dalam fotografi adalah cahaya alami dari matahari. Meski begitu, banyak fotografer yang menggunakan pencahayaan tambahan untuk mendapatkan efek lain. Bahkan kita juga bisa memanfaatkan cahaya lampu di ponsel untuk mendapatkan bantuan cahaya saat memfoto.

Angle atau Sudut Pandang
Sudut dalam pengambilan gambar akan sangat memengaruhi hasil foto. Low angle, high angle, dan masih banyak jenis sudut pandang yang bisa digunakan untuk menciptakan foto yang memukau.

Ada satu momen yang membuat saya merindukan masa sekolah saat perhelatan pelatihan fotografi di acara milad ke satu Tapis Blogger tersebut. Ada momen dimana Tapis Blogger mengadakan potong tumpeng. Yeay!! Sudah lama sekali sejak terakhir kali makan nasi tumpeng. Waktu itu ada lomba nasi tumpeng antarkelas di sekolah. Hahaha. Tumpeng yang dibawa untuk acara milad ke satu Tapis Blogger menarik sekali. Lauk pauknya juga lengkap. Ada telur gulung, ada telur rebus, ada ayam bakar, ayam suwir, dan kentang dan tempe kering. Yang paling spesial dari nasi tumpeng menurut saya adalah urapnya. Yuhu! Saya suka sarap eh urap! Belum lagi, hiasan-hiasannya menarik. Saya jadi teringat dulu suka membuat bento (bekal makan siang yang dihias ala Jepang). Overall, nasi tumpeng ini makyos. Endos gandos. Ternyata nasi tumpeng ini pesannya di Papa Tom's Cafe loh.

Lalu, sebenarnya yang paling meyenangkan di acara hari itu adalah karena saya ditemani mas Suami. Hihihi. Jarang sekali bisa jalan-jalan atau mengikuti kegiatan bersama mas Suami, jadi kali ini terasa spesial. Apalagi, acara pelatihan fotografi milad ke satu Tapis Blogger ini diadakan di Wira Garden Bandarlampung, tempat yang mas Suami belum pernah datangi.

Ngomong-ngomong tentang Wira Garden, saya pribadi tiga tahun terakhir mampir ke tempat ini untuk acara camping sekolah bersama murid-murid. Semacam langganan gitu. Tempatnya asik sih. Ada pondokan-pondokan yang ukurannya bisa disesuaikan kebutuhan, ada sungai juga, ada lapangan yang cukup untuk acara api unggun, ada banyak cottage juga loh. Jadi, Wira Garden ini tidak cuma pas untuk acara camping dan pelatihan, tapi bisa untuk rekreasi juga. Tempatnya mendukung sih, menurut saya. Adem dan asri. Banyak pohonnya. Fasilitasnya juga lengkap, dari toilet, mushola, tempat bermain anak-anak, naik kuda sungguhan, dan sungai buat berendam. Hahaha.

Nah, yang terakhir dari kegiatan pelatihan ini adalah bagi-bagi hadiah! Yeay! Seneng banget deh kalo udah sampai di sesi ini, soalnya saya dapat satu hadiah dari hasil praktik motret. Hadiahnya jilbab cantik dari Tasya Busana. Tapi sayang, belum sempat dipakai, nanti kalau sudah, saya coba posting fotonya di Instagram pribadi ya :)

___
Papa Toms Cafe
- Jalan Ki Maja No 11 Way Halim, Bandarlampung
- IG: @papatomscafe
- Telp: +62 857-8372-7042

Wira Garden
- Jl. Wan Adburahman, Batu Putu, Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung, Lampung
- Telp: +62 721 7514114

Hayo, mau komen apa coba?

Link aktif akan langsung ditandai sebagai spam, sebagai alternatif bisa pilih comment as menggunakan Nama/URL ya :)
EmoticonEmoticon