Aug 18, 2016

Beda Domain Gratis dengan Domain Berbayar

Beda Domain Gratis dengan Domain Berbayar - Hola, back again dengan gue yang sok menjamur di blog padahal sebenarnya gue sedang banyak pekerjaan rumah tangga sekolah--yang seharusnya tidak gue tinggalin untuk ngeblog. Wkwkwk. Sebenarnya, bisa saja gue tulis postingan kali ini nanti-nanti, setelah jam mengajar gue selesai, tapi gue sudah tidak sabar untuk menuliskannya di sini dan pamer ke pembaca gue (kayak ada aja) tentang hal baru yang gue lakukan untuk blog gue terkece ini. Secara, ngeblog sudah jadi hal yang sangat ingin gue lakukan sejak dulu, tapi entah karena gue yang terlalu cepat bosan, atau memang gue tipe orang yang malas, pada akhirnya, blog gue selalu stagnan di postingan setelah dua minggu. 
Beda Domain Gratis dengan Domain Berbayar
Beda Domain Gratis dengan Domain Berbayar
Baiklah, hal yang ingin gue sampaikan adalah... eng ing eng.. eng ing eng... taraaa~ gue baru saja pasang domain sendiri di blog gue!! See? Sekarang blog gue resmi berubah jadi aidabasita.COM loh! Hahahaha. Mungkin blog gue masih bisa dilihat dengan menuliskan aidabasita.blogspot.com, tapi setelah itu, domain yang sebelumnya asli bawaan blogger itu akan secara otomatis diteruskan ke aidabasita.com. Yeay!! I am very happy!

Kenapa gue happy? Pertama, akan ada banyak keuntungan yang gue terima dengan berubahnya domain blog, nanti akan gue jelaskan satu-satu ya, jadi bagi kalian yang sama statusnya dengan gue: blogger wannabe, ih istilahnya kece, hahahaha, mungkin bisa melakukan hal yang sama seperti yang gue lakukan.  Kedua, gue harap sekali--sebenarnya lebih ke berdoa ya--semoga dengan berubahnya domain gue, gue akan lebih termotivasi untuk lebih banyak menulis di blog. Secara ya secara, gue akan merasa berdosa sekali kalau tidak bisa termotivasi untuk menulis di blog, setelah gue beli domain diam-diam tanpa sepengetahuan suami gue, ditengah keuangan kami yang sedang kacau badai, seperti saat ini. 

Jadi, gue akan berikan sedikit pencerahan bagi pembaca gue yang juga sama-sama newbie--baru meletek--tentang blog. Kalau yang sudah punya postingan sepuluh-dua puluh entri, gue rasa sih nggak perlu baca penjelasan gue ya. Karena gue yakin, kalian para mastah, tingkatannya sudah menggantung-gantung di langit ketujuh, dibanding gue yang baru nongolin jambul di atas tanah. 

Baiklah, yang pertama, dengan berubahnya domain gratis gue ke domain berbayar, maka konsistensi gue di dunia maya akan semakin eksis, dan kegalauan gue akan membawa kegalauan-kegalauan lainnya. Kenapa? Karena dengan punya domain berbayar, maka blog gue akan cepat terindeks oleh Google. Jadi, bisa saja, postingan-postingan gue nongol di hasil pencarian Google saat kalian mengetikkan kata kunci yang ada hubungannya dengan blog gue, misalnya ketika gue tik curhat Aida Basita di google, maka hasilnya akan seperti ini:
Beda Domain Gratis dan Domain Berbayar
Beda Domain Gratis dengan Domain Berbayar
Kedua, kalau postingan-postingan gue akan dengan mudah diindeks mesin pencari, artinya postingan kegalauan gue akan menyebar luas. Hal ini memungkinkan akan ada banyak pembaca yang terjebak tidak sengaja masuk ke blog gue untuk baca tulisan gue yang amburadul ini. Semakin banyak pengunjung dan pembaca, maka sebuah blog barulah bisa dikatakan sebuah blog. Ya, kali kalau blog tidak ada pembacanya, berarti sama saja dengan rumah hantu. Ada penunggunya, tapi tidak ada interaksi di dalamnya. Hihihi. Ketiga, dengan domain berbayar, yang pastinya, blog gue akan terlihat semakin profesional. Seettt. Karena domain yang berbayar lebih singkat daripada domain gratisan, hal ini juga membuat blog gue akan lebih mudah diingat orang lain. Semoga ya Allah. 

Nah, dengan mempertimbangkan keuntungan-keuntungan itu, gue nekat tanpa persetujuan suami membuat blog gue memiliki domain berbayar, untuk yang satu ini please jangan ditiru ya. Semoga saat suami gue tahu, dia akan redho dengan apa yang gue lakukan ini. 

Banyak banget penyedia domain berbayar di Indonesia, bahkan beberapa waktu terakhir, gue lihat Blogger sendiri sudah memberikan penawaran domain berbayar langsung dari setting penerbitan di blog seharga $10 atau $12, harga tepatnya gue lupa, tapi yang pasti tidak jauh berbeda dengan penyedia domain berbayar yang ada di Indonesia. Di Indonesia misalnya ada MasterWeb, IDwebhost, Qwords, NiagaHoster, dan lain-lain (keempatnya, adalah yang terbaik di Indonesia).

Gue sendiri mendaftarkan domain berbayar gue di IDwebhost, dan kenapa pula gue daftar di sana? Karena yang pertama, suami gue juga punya web yang domainnya dia beli di sana, beberapa tahun lalu. Saat itu, gue mengawal sendiri bagaimana suami gue mendaftarkan blognya dengan domain berbayar di IDwebhost, dan sejauh yang bisa gue ingat, pelayanannya ramah. Buat gue, pelayanan adalah hal terpenting dari sebuah perusahaan/badan usaha. Yang kedua, selama bertahun-tahun suami gue menggunakan IDwebhost, suami gue tidak pernah komplain karena sesuatu apapun dengan domain yang dia pakai. Jadi, dengan berdarakan pengalaman inilah, gue memutuskan untuk menggunakan IDwebhost.

Tapi yang perlu gue ingetin adalah, blog adalah sarana yang bisa kita manfaatkan untuk menyalurkan hobi kita. Jadi, yang terpenting dari blog pribadi, menurut gue, adalah keunikan dan kebermanfaatan isi blog untuk pembacanya. Syukur-syukur kalau ternyata nantinya, ada pembaca gue yang merasa terhibur atau terinspirasi karena baca blog gue ini.

Salam Blogger!

Hayo, mau komen apa coba?

Link aktif akan langsung ditandai sebagai spam, sebagai alternatif bisa pilih comment as menggunakan Nama/URL ya :)
EmoticonEmoticon